5 Tips Sabar dalam Menghadapi Cobaan, InsyaAllah TOKCER! COBA DEH!

tips sabar dalam menghadapi cobaan

Cobaan itu adalah fitrah.

Tujuannya, untuk membuktikan kesungguhan kita.

Agak mirip sebagaimana ujian saat di Sekolah.

Apa yang membuat kita yakin, adik-adik kita yang Sekolah tersebut sudah paham pelajarannya? Tentunya, dengan diuji. Dari ujian itu kita bisa tahu, apakah mereka sudah paham pelajarannya atau belum.

Nah, begitu pula kita dalam menjalani hidup ini. Apakah kita benar-benar beriman dan bertaqwa kepada Allah? Atau mungkin hanya sekadar klaim doang?


أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS: al-'Ankabuut Ayat: 2)

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

"Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (QS: al-'Ankabuut Ayat: 3)

Yaps, cobaan ataupun ujian itu adalah hal yang wajar.

Namun, terkadang —bahkan banyak— orang-orang yang merasa sepertinya tidak sanggup menjalani cobaan tersebut. Seperti ingin menyerah saja... tidak sanggup... sudah tidak sabar lagi...

Apakah Anda pernah melihat orang yang seperti itu?

Atau mungkin, jangan-jangan Anda termasuk yang begitu?

Siapa yang seperti itu, barangkali karena belum punya ilmunya saja.

Karena, jika sudah punya ilmunya, insyaAllah menjalani cobaan terebut lumayan tidak sulit.

Nah, setidaknya, ada 5 tips bagaimana caranya menjadi sabar dalam menghadapi cobaan. Berikut ini dia.


1. Belajarlah dari orang yang sudah bisa dan biasa bersabar

Saya pribadi sudah banyak mendengarkan dan membaca berbagai macam motivasi dan nasehat untuk besabar. Tapi, kadang nggak terlalu signifikan juga bisa membuat saya bersabar.

Justru, saya banyak belajar bersabar, adalah saat berteman dengan seseorang yang sudah biasa bersabar.

Saya banyak belajar saat merantau di luar kota dulu. Alhamdulillah saya satu kontrakan dengan senior-senior di organisasi dakwah Kampus, yang luar biasa inspiratif. Saya lihat dengan mata kepala saya sendiri betapa dia memikul banyak masalah yang amat berat. Bahkan banyak juga orang yang curhat ke dia. Namun, dia tetap bersabar menghadapi itu semua.

Saat memperhatikan orang yang curhat ke dia, saya kepikiran, coba kalau saya yang dengerin curhat itu, pasti saya sudah tidak sabar dan saya langsung marahin orang yang curhat tersebut. Tapi ternyata senior saya tidak ujug-ujung langsung marah. Dia menjawab pelan-pelan curhatan orang tersebut.

Dari melihat kejadian fakta terebut, saya sangat dapat mempelajari bagaimana beliau bersikap sabar.

Dan alhamdulillah, kebetulan senior saya yang seperti itu tidak hanya satu, melainkan ada beberapa.

Dan alhamdulillah lagi, saat saya merantau di tempat kerja; ada juga atasan saya yang seperti itu.

Dari mereka, saya akhirnya jadi lumayan bisa bersabar. Padahal sebelumnya selalu gagal.

Nah, barangkali, bisa Anda coba juga. Agar bisa belajar bersabar, bergaullah dengan orang-orang yang sudah biasa dan bisa bersabar. Karena seringnya kita lebih mudah belajar dengan megindera fakta contohnya langsung.

2. Pahami bahwa Allah tidak memberikan beban yang tak bisa kita pikul, pasti bisa

Firman Allah لا يكلف الله نفساً إلا وسعها , bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya (Al-Baqarah: 286)

Terkait hal tersebut, Imam Qurtuby menjelaskan bahwa, “Allah menggariskan bahwa Dia tidak akan membebani hambanya –sejak ayat ini diturunkan– dengan amalan-amalan hati atau anggota badan, sesuai dengan kemampuan orang tersebut. Dengan demikian umat Islam terangkat kesulitannya. Artinya, Allah tidak membebani apa-apa yang terlintas dalam perasaan dan tercetus dalam hati.”

3. Masalah itu dipikirkan solusinya, bukan dirasa-rasain pahitnya

Sebenarnya adanya ekspresi terhadap sebuah masalah adalah wajar. Ntah itu marah, sedih, dan sebagainya.

Namun, yang namanya ekspresi, yah sekilas saja sebagai ekspresi. Jangan lebay berlama-lama.

Kadang ada orang yang kebanyakan mengatakan "Aduh gimana ini dong", "Aduh mati aku", "Aduh parah! Menyakitkan banget!".

Harusnya jangan begitu.

Harusnya, dipikirin, "Apa yang harus aku lakukan agar masalah ini kelar?", "Kira-kira aku tanya ke siapa ya yang tahu solusinya?" Begitu.

Jadi jelas, masalah tersebut bisa berakhir.

Kalau cuma dirasa-rasain doang, ngapain? Biar kayak di film-film gitu, menikmati galau? Please, pahamilah, ini hidup. Bukan film. Face it.

4. Pahamilah bahwa emosian itu nggak penting, justru kalau sabar itu memudahkan berpikir

Belum pernah denger ada orang yang panik dan emosian, terus dia jadi mudah berpikir menemukan solusi.

Justru, kalau panik dan emosian; jadi sulit nyari solusi.

Sebaliknya; justru, kalau tenang; jadi enak mudah nyari solusi.

Terus, ngapain panik? Ngapain emosi? Buat apa?


5. Memang harus terus diulang-ulang dan dibiasakan, agar terlatih sabar

Correct me if i am wrong. Sepengalaman saya, sabar itu ada level power-nya.

Untuk awal-awal, mungkin kita tak sabar menghadapi berbagai cobaan.

Tapi di berikutnya, mungkin kita bisa bersabar pada sebagian kasus cobaan, walaupun masih gagal sabar pada kasus cobaan lainnya.

Tapi di tahap berikutnya lagi, mungkin kita bisa bakal lebih banyak bersabar lagi pada lebih banyak kasus cobaan lainnya. Walaupun masih gagal bersabar pada sebagian sedikit kasus cobaan lainnya.

Tapi, seiring berjalnnya waktu; insyaAllah kita akan bisa lagi.

Begitulah.

Kemampuan bersabar itu memang perlu dilatih.

Sebagaimana otot dilatih dengan beban, maka mental kemampuan bersabar kita dilatih dengan masalah dan cobaan.

Semakin dilatih, maka dia akan semakin kuat, insyaAllah.

Nah, setidaknya, beitulah 5 tips sabar dalam menghadapi cobaaan yang kami pahami. Silahkan Anda adopsi dan share kalau bermanfaat.

Refrensi dalil: https://www.dakwatuna.com/2008/07/21/829/allah-swt-tidak-membebani-seseorang-diluar-kemampuannya/#axzz52lAGWV2T

0 Response to "5 Tips Sabar dalam Menghadapi Cobaan, InsyaAllah TOKCER! COBA DEH!"

Posting Komentar