Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

apakah ibu hamil boleh minum kopi

Banyak yang mempertanyakan, apakah ibu hamil boleh minum kopi? Tidak dapat dipungkiri kopi merupakan salah satu minuman favorit di seluruh dunia karena rasanya yang sangat nikmat, cocok untuk menemani di setiap suasana dimanapun dan kapanpun. Ketika sedang bekerja baik kopi hitam ataupun kopi yang dicampur dengan susu atau kreamer sangat nikmat untuk menemani kerja ataupun bersantai bersama keluarga ataupun kawan.

Bahkan pecinta kopi tidak hanya berasal dari kalangan pria tapi juga wanita.

Namun ketika wanita hamil mengkonsumsi kopi perlu memperhatikan jumlah asupan kopi per harinya agar tidak berdampak pada kehamilannya.

Pada dasarnya wanita hamil atau yang mencoba untuk hamil seharusnya menjauhi konsumsi kafein. Hal itu didukung oleh pendapat para ahli yang menyatakan bahwa seharusnya wanita yang sedang hamil membatasi asupan kafein kurang dari 200 mg per hari atau kurang lebih 12-ons cangkir kopi. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 200 mg ataupun lebih kafein sehari memiliki dua kali lipat risiko keguguran disbanding mereka yang tidak mengkonsumsi kafein. Alasan mengapa kopi berbahaya bagi wanita hamil adalah karena kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi.

Akan tetapi, beberapa penelitian tidak membuktikan bahwa adanya tingkat persentase keguguran yang tinggi akibat konsumsi kafein. 

Dalam penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwasanya ibu-ibu yang mengkonsumsi lebih dari 500 mg kafein nantinya akan melahirkan bayi yang berbeda dengan bayi yang dilahirkan oleh ibu-ibu yang tidak mengkonsumsi kafein yang lebih dari 500 mg khususnya dalam hal detak jantung dan tingkat pernapasan lebih cepat serta di beberapa hari pertama kelahiran akan menghabiskan lebih banyak waktu terjaga.

Wanita hamil akan merasa jauh lebih baik jika tidak banyak mengkonsumsi kafein. Resiko dari mengkonsumsi kafein yang berlebihan adalah dapat mempercepat detak jantung bagi wanita hamil, selain itu juga dapat menyebabkan gelisah dan susah tidur (insomnia). 

Kafein sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.selain tidak baik untuk kesehatan sang ibu, kafein juga tidak baik untuk kesehatan sang janin. 

Sebagai contoh saja, dengan mengkonsumsi kafein yang lebih akan mempengaruhi plasenta yang akan mengakibatkan terganggunya pernapasan dan detak jantung bayi. Belum lagi bisa mengakibatkan kelahiran prematur, cacat fisik pada janin, bahkan hingga keguguran. 

Dalam kasus ini, ibu hamil sangat perlu memperhatikan segala aspek dalam tubuhnya. Seperti halnya metabolisme, detak jantung, banyaknya buang air kecil,kalsium, cairan asam lambung,dsb yang mana dapat terpengaruh kestabilannya jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Berikut merupakan jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:
  • 60-200 mg kafein dengan secangkir kopi seduh
  • 140 mg kafein setara dengan secangkir kopi saring
  • 100 mg kafein sama dengan secangkir kopi instan
  • 75 mg kafein ditemukan dalam secangkir the
  • 50 gr coklat biasanya mengandung 25-50 mg kafein
Maka dari itu penting untuk memperhatikan kafein yang terkandung di  dalam teh, kopi, coklat, dan makanan yang lainnya. Jangan sampai mengkonsumsi kafein lebih dari batas toleransi bagi ibu hamil. 

Jika terbiasa saat sebelum hamil minum kopi lebih dari dua cangkir per hari sebaiknya ketika hamil digantikan dengan minuman jenis yang lain yang lebih menyehatkan dan tidak mengandung resiko. 

Contoh minuman alternatif yang dapat dikonsumsi misalnya air putih, susu, jus buah yang mana terdapat banyak kandungan vitamin, asam volat, zat elektrolit yang dapat menambah kekuatan untuk para ibu hamil dan tentunya akan membuat janin tetap sehat karena kandungannya yang tidak berbahaya seperti halnya kafein. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan terjawablah pertanyaan Anda terkait apakah ibu hamil boleh minum kopi.

0 Response to "Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?"

Posting Komentar