Apa yang Menjadi Penyebab Power Steering Berat? Ini.

kenapa power steering berat
Kadang para pengguna mobil ini tidak menyadari penyebab power steering berat pada saat menyetir. Power steering ini adalah sebuah alat yang digunakan di dalam sistem kemudi atau setir dalam rangka membuat kemudi ini menjadi lebih ringan pada saat berbelok. Hampir semua mobil sudah menerapkan sistem power steering ini.Karena sistem ini memang sangat membantu untuk meringankan beban para pemiliki mobil yang terbiasa menyetir sendiri.Fungsi dari sistem power steering ini memang untuk meringankan setir atau kemudi pada mobil pada saat mengendarai di jalan yang berbelok. Hal ini akan membuat menjadi lebih nyaman para pengemudi mobil pribadi.

Jenis – Jenis Power Steering

Ada dua jenis sistem power steering yang biasa diterapkan pada mobil. Berikut penjelasannya :

1. Elektrik

Sistem yang diterapkan pada power steering elektrik ini adalah sistem kemudi dengan mengandalkan putaran motor listrik yang ada pada mobil. Contoh mobil yang menggunakan sistem power steering ini adalah toyota yaris, suzuki karimun, dan juga mobil honda jazz yang merupakan mobil idaman anak muda.

2. Hidrolis

Sistem lainnya dari power steering adalah hidrolis. Sistem ini membantu meringankan kemudi pada mobil dengan cara memanfaatkan tekanan fluid yang ada pada mobil. Contoh mobil yang menggunakan sistem power steering hidrolis ini adalah mobil panther dan juga mobil toyota kijang.

Hal Yang Menjadi Penyebab Power Sterering Menjadi Berat

Ternyata tidak semua power steering ini bisa membuat kemudi menjadi lebih ringan dan mudah untuk dikemudikan.Mungkin, ketika saat belok ini menjadi berat ini pernah dialami para pengendara mobil. Berikut adalah hal yang bisa saja menjadi penyebab power steering menjadi beratt :

1. Mengganti Dimensi Ban Dan Lingkar Roda

Ban mobil memang terkadang adalah ajang untuk tetap membuat menjadi lebih keren selain memodifikasi bentuk bodi mobil. Walaupun begitu, ada hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti dimensi ban pada mobil yang biasa digunakan.Karena, apabila tidak benar maka hal ini bisa menyebabkan power steering berat.

2. Ban Mobil Yang Botak

Keadaan ban mobil yang tidak terawat ini juga bisa menjadikan power steering mobil menjadi berat. Hal ini dikarenakan area kontak dengan aspal ini menjadi lebih banyak dari biasanya.Sehingga, apabila ban mobil sudah mulai botak ada baiknya segera diganti dan diperbaiki dengan ban yang lebih bagus.

3. Tekanan Angin Ban

Selain bentuk ban mobil, tekanan angin yang ada pada ban mobil ini juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan power steering menjadi berat. Tekanan angin pada ban yang kurang akan membuat kemudi menjadi berat.

4. Kerusakan Sistem Power Steering

Lingkar kemudi menjadi berat ini bisa disebabkan juga karena kerusakan sistem pada power steering.Yang perlu menjadi perhatian adalah bagian pompanya.Karena, hal ini terjadi karena kemungkinan ada kebocoran pada sistem minyaknya.Sehingga, hal ini memang perlu dicek dan perlu diwaspadai.Supaya sistem power steering yang dilakukan pada mobil ini bisa digunakan dengan baik dan lancar.

Mungkin sebelumnya, para pengendara mobil merasa berat dan ada masalah pada sistem power steering yang dilakukan. Namun, ternyata masalah berat ini bisa terjadi pada bagian bawah kemudi yaitu ban. Dengan mengetahui hal – hal apa saja yang menjadi penyebab power steering berat ini tentu bisa dijadikan pelajaran supaya tetap bisa mengemudikan mobil dengan aman dan tenang.

0 Response to "Apa yang Menjadi Penyebab Power Steering Berat? Ini."

Posting Komentar