4 Penyebab Kenapa AC Mobil Kurang Dingin

penyebab ac mobil kurang dingin

Beberapa penyebab AC mobil kurang dingin memang menjadi salah satu hal yang mengganggu. Apalagi jika memang cuaca terik ketika bepergian dan AC tidak menjadi dingin ketika dinyalakan. Dan tentunya berbagai penyebab bisa ditimbulkan dari AC mobil yang tidak menjadi dingin.

Tetapi perlu diketahui lebih lagi bahwa dingin atau tidaknya AC mobil relaitf dan akan terasa berbeda dan tergantung dari bagaimana suhu yang berada di sekitar ataupun di luar mobil. AC tidak akan terasa dingin ketika suhu di luar sangat panas walaupun ketika sudah menyalakan AC mobil dengan maksimal. 

Dan akan terasa sangat dingin ketika cuaca sekitar juga memang sedang berada pada keadaan dingin. Misalnya saat hujan ataupun juga ketika cuaca mendung. Dan beberapa penyebab yang ada tersebut tentu di luar dari kesalahan kerja dari sistem AC pada mobil. Beberapa penyebabnya akan dijelaskan pada penjelasannya selanjutnya.

Penyebab Kurang Dinginnya AC

Beberapa penyebab dari AC mobil yang kurang dingin adalah sebagai berikut.

1. Freon

Freon merupakan bahan yang digunakan agar AC terasa dingin. Tentu lama kelamaan freon pada AC mobil akan berkurang dan habis. Freon yang berkurang ini juga biasanya menjadi salah satu penyebab yang paling sering ditemukan pada mobil yang bermasalah dengan AC mobil.

Berkurangnya freon ini bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada sistem yang terdapat di AC mobil. Kebocoran freon yang terlalu kecil juga biasanya sangat sulit dideteksi. Kebocoran bisa saja terhenti ketika memang melalui lubang yang sangat kecil. Lama kelamaan nantinya freon akan menutup lubang kecil yang bocor tersebut dan tertutup oleh freon. 

Tetapi sebaiknya lebih baik mengecek secara teliti apakah memang terjadi kebocoran terutama pada sambungan pipa pada AC. Karena kemungkinan sambungan yang tidak bagus dan kualitas pipa juga tidak baik.

2. FanBelt Rusak

Penyebab selanjutnya adalah terjadinya kesalahan pada kipas yang tidak berjalan dengan baik. Dan kipas tersebut berfungsi untuk menyalurkan putaran yang ada kepada sistem kompresor yang ada di AC. Apabila belt pada kipas telah longgar ataupun terputus, maka mesin kompresor AC tidak bisa bekerja dengan baik dan AC pada mobil tidak menjadi dingin.

3. Sistem AC Kotor

Sistem pada AC yang kotor dan tidak dibersihkan. Hal ini akan berdampak pada bagian kondensor dan radiator juga kotor. Menjadikan pembuangan gas freon menjadi tidak lancar dan menyebabkan panas yang berlebihan.

4. Kompresor Bermasalah

Kompresor yang bermasalah menjadi salah satu penyebab AC mobil kurang dingin. Kompresor AC yang “aus” atau sudah tidak layak pakai. Tanda – tanda yang muncul adalah timbulnya bunyi pada kompresor saat mobil dihidupkan.

Dan masih ada beberapa masalah yang bisa timbul dan menjadi penyebab AC mobil menjadi kurang dingin. Sebaiknya juga mencari tahu secara tepat mengapa AC mobil tidak menjadi dingin sehingga nantinya bisa menanganinya dengan mudah. Ataupun ketika harus menuju bengkel, bisa menjelaskan masalah yang terjadi sehingga penanganan bisa lebih cepat.

Perawatan AC Mobil

Perawatan pada AC mobil harus lebih diperhatikan. Karena pada dasarnya, AC mobil juga mempengaruhi pendinginan pada mesin mobil yang digunakan. Semakin baik kinerja AC mobil, maka akan semakin nyaman dan bisa digunakan dengan baik tanpa timbul masalah. Sebaiknya rutin melakukan pengecekan sistem AC mobil, sehingga bisa terhindar dari permasalahan dari timbulnya penyebab AC mobil kurang dingin.

Sumber gambar: bengkelacmanunggal.id.tc

0 Response to "4 Penyebab Kenapa AC Mobil Kurang Dingin"

Posting Komentar