3 Dampak Mandi Malam Bagi Tubuh

dampak mandi malam

Dampak mandi malam tidak baik bagi tubuh. Banyak penyakit yang akan segera mengintai jika kebiasaan mandi malam tidak ditinggalkan.

Ketika mandi malam, suhu tubuh berada pada titik yang lebih rendah yang membuat peredaran darah mulai melambat. Dalam kondisi peredaran darah seperti itu, respon tubuh terhadap air pun akan mempengaruhi daya kerja jantung dan paru-paru. 

Ketika seseorang mandi malam, jantungnya akan bekerja lebih cepat secara ‘terpaksa’ demi tetap mempertahankan suhu tubuh. Dalam jangka panjang, hal itu berbahaya dan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh.

Berbagai Dampak Negatif Mandi Malam

Dampak negatif dari kebiasaan mandi malam tidak datang dalam waktu cepat, melainkan setelah melewati akumulasi waktu yang panjang. Itula mengapa, beberapa penyakit akibat kebiasaan mandi malam ‘baru disadari keberadaannya’ setelah diidap sekian lama. Adapun beberapa jenis penyakit tersebut adalah sebagai berikut.

1. Rematik

Rematik tidak saja berhubungan dengan faktor usia. Rematik juga tidak selalu disebabkan oleh peningkatan kadar asam dan kolesterol di dalam tubuh. 

Di luar itu, penyakit rematik justru dapat timbul akibat kebiasaan mandi malam. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan mandi malam akan merangsang kerja otot dan sendi secara berlebihan guna menahan suhu dingin. Pada saat bersamaan, pembuluh darah pun akan menyempit. 

Dengan demikian, asupan oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan pada bagian sendi tertentu sebagai penyebab munculnya rematik.

2. Paru-Paru Basa

Paru-paru basah adalah sebuah kondisi di mana paru-paru terisi oleh cairan. Sumber cairan dapat datang dari mana saja, termasuk dari paru-paru sendiri. 

Adapun sumber yang datang dari luar paru-paru berasal dari ‘uap air’ yang terhirup pada saat mandi malam. 

Uap air yang terhirup pada saat mandi malam tidak sama dampaknya dengan uap air yang terhirup pada saat pagi hari, seperti ketika jogging/lari pagi di wilayah yang berembun. Hal ini dikarenakan, pada saat lari pagi, tubuh akan terus bergerak sepanjang hari yang membuat uap air di paru-paru dapat dikeluarkan secara sempurna melalui pembakaran, pernapasan dan pencernaan. 

Hal sebaliknya tidak terjadi ketika mandi malam. Biasanya, setelah mandi malam, orang akan lebih banyak diam dan beristirahat. Dengan sendirinya, uap air yang terkumpul di dalam paru-paru akan menumpuk. Dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan infeksi pada dinding paru-paru.

3. Penuaan Dini

Jangan heran bila tubuh anda sudah mulai drop di usia muda. Boleh jadi penyebabnya bukan karena serangan virus dan bahteri, bukan pula oleh makanan, atau bukan pula oleh kadar stres. Bisa saja, penyebabnya adalah kebiasaan mandi malam.

Ya, kebiasaan mandi malam dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan ciri-ciri mudah lelah, stamina menurun, kulit mulai kendor, wajah tidak segar, rambut mulai beruban dan mudah sakit. So, bagi anda yang masih muda dan punya kebiasaan mandi malam, segera ubah dan tinggalkan kebiasaan tersebut.


Adakah Cara Mandi Malam Yang Aman?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah ‘ada’. Berbagai dampak negatif mandi malam di atas dapat terjadi bila mandi menggunakan air dingin (apalagi air es). Namun, akan berbeda hasilnya bila mandi malam dilakukan dengan menggunakan air hangat.

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat seharian, pasti sering terlambat pulang dari tempat kerja. Biasanya, anda juga akan lebih suka mandi selepas magrib. Hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan, asalkan anda mandi menggunakan air hangat. Namun sebaiknya, mulai sekarang kurangi atau sebisa mungkin hindari kebiasaan mandi malam. Walau bagaimana pun, tetap saja dampak mandi malam sangat ‘riskan’ bagi tubuh.

0 Response to "3 Dampak Mandi Malam Bagi Tubuh"

Posting Komentar